Kamis, 23 Juni 2011

oleh-oleh diklat


Bismillah,
bengawan, 18juni2011
*beberapa jam lg seorg saudariku menggenapkan separuh agamany

mencoba menuliskan oleh2 diklat 2 pekan ini 
6-11 juni 2011 diklat tata naskah dinas di pancoran
13-17 juni 2011 diklat penyegaran pengadaan brg dan jasa

tp maaf bukan materi itu yg ingin saya tls disini, silahkan bg yg mbthkan materi diklat bisa tuliskan alamat emailnya nanti saya kirim via email,

pekan pertama, cukup byk anak muda pesertanya, bhkan tman seangkatan sayapun ada, tp tetap saja saya yg plg kecil, 2 hari terakhir saya dklmpkn dg seorg ibu yg udh ckup sepuh,jadi dapat banyak wejangan hidup, salah satu contohnya tentang masalah penempatan, jika kita (saya) dan suami berjauhan, ternyata ada cara, tips n triknya biar bareng bareng.... karena kebetulan calon suami teman dekat saya yang ikut diklat bareng penempatan nun jauh di indonesia timur, sdgkan ia di jakarta, jd lumayan dapet pencerahan.

pekan kedua, saya mgkn salah masuk diklat, karena judul diklatnya "penyegaran PBJ" dan persyaratan pesertany "pejabat atw pelaksana yg sdh mpy sertifikat PBJ" jadilah saya mjd yg plg kecil di antara bpk2 n ibu2 pejabat,
dan 4 hari itu saya 1 asrama dg 3 org ibu2 peserta diklat, jadilah saya mendapat banyak wejangan mengenai anak-anak, menjadi istri dan ibu yang baik, plus tips belajar memasak, dan tips menjaga makanan
beberapa nasehat yg saya dpt dr mereka (*mungkin dialognya lupa lupa inget tapi intinya ya tentang ini):
* "saya sdh tbiasa bgun jam 3, shalat trus nyiapin kbthn anak2, jd kalo anak2 bgun smw udah beres" -bu dani, dja- hmm manajemen waktu ibu bekerja, beliau memasak n myiapkan sgalany sendiri d awal pagi, jadi saat anak-anak bangun semua udah siap n beres, saat kita berangkat kerja bisa tenang, apalagi rumah beliau di tangerang jadi harus berangkat pagi2 (*lebih pagi dari saya yang tinggal di senen), hmm yang penting tetap Allah yang utama di awal pagi, yups QL dulu baru menjalankan ibadah lainnya (menyiapkan kebutuhan anak n suami)

*"anak2 saya ajarkan mandiri sjak kecil, jd saya gak mpy pgasuh utk mreka, kecuali pas msh bayi dulu, skrg 2 anak saya duduk di SD n mreka bs btgungjwb, memberikan pemahaman k mreka bgmn cr btgjwb misalnya dengan bilang "kakak tau kan ibu kerja, jd kalo siang gak bs bantu kakak belajar, jd kakak belajarny mau gmn" dan anaknypun mjawb "nanti belajar sendiri, trus kalo nanti ada yg ga bs tanya ke sekolah,atw k bunda pas bunda drumah" mengajarkan mereka bertanggungjawab atas setiap tugas yang ia miliki sehingga tidak tergantung pada kita.
*mgajarkan anak2 bukan dg menakut nakuti mereka, tp menjelaskan kpd mereka apa yg akan tjd dr stiap tindakan mreka, misal saat sang anak sdg lari2 di tangga, ibu sharusny tdk usah mgatakan "jangan, nanti jatuh" sambil memasang muka serem tp katakanlah, "kakak, kalo kakak lari2 dtangga nanti kalo gak hati2 bs jatuh, kalo jatuh itu nanti sakit lho," dg seperti itu anak akan tau apa akibat dr perbuatan yg ia lakukan n ia akan bfikir utk mlanjtkan tindakany atw tidak, dan fahamkan ia sendirilah yg akan menanggung risiko stiap pbuatany, jadi biarkan ia memilih dengan terus kita pantau dah kita arahkan ...
*karena hampir setiap masakan yang kita makan ibu itu selalu berkomentar, “ini kurang ***, ini rasanya pas, ini bla bla bla” kemudian saya bertanya :
Peni (P)             : ibu, kapan mulai bisa masak ?
Ibu dani (B)       : hmm, pas habis nikah...
P          : kok bisa bu ... terus belajarnya dari mana ?
B          : sebelumnya  gak bisa masak sama sekali, belajarnya dari internet, kalo suami pengen apa, nanti saya cari resepnya di internet atau buku, nanti saya bikinkan n suami yang nyicip n nilai, nanti kalo kurang apa tinggal di tambah,
P          : o o o
Hmm, memasak insyaAllah bisa dipelajari kok, yang penting rajin belajar n praktek... (*smg bisa)
*kalo tentang menu makanan, katanya jangan makan telur sehari 2 kali, kalo mau makan putih telurnya aja, kuning telur banyak mengandung koleserol.
*makan buah bukan setelah makan ya , 

smg bermanfaat ...

0 komentar:

Posting Komentar