Senin, 21 Februari 2011

manajemen waktu

Bismillah

it's beautiful day, hari yg menyenangkan, dan mudah2n hari yg penuh keberkahan

ternyata ketika jadwal sdh tsusun rapìh waktu akan lbh sungkan untk dsiasiakan...

"demi masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kcl org2 yg beriman n mgerjakan kebajikan serta slg menasehati utk kebenaran n slg menasehati utk kesabaran" al 'asr 1-3

ada beberapa tips yg diberikan oleh saudari saya dlm lingkaran cinta pg ini, dan lgsung bs dpraktekan SEKARANG, bukan nanti

ingat 3M
mulai dr hal yg kecil
mulai dr diri sendiri
mulai SAAT ini

kiat2ny dkelompokan mjd 6 :
1. Tetapkan visi
hidup itu harus punya visi kan ? Mulai skrg tentukan visi mu, sbg makhluk Allah jelaslah tujuan utama qt menggapai keridhoanNYA,

"maka apakah km mgira bhwa Kami mciptakan km main2 n bhw kamu tdk akan dkembalikan kpd Kami? "al mu'minun 115

tugas qt dbumi adalah sbg khalifah,

disamping visi2 di atas tentu qt blh mempunyai visi2 kcl dlm hdup, spt yg disampaikan pak dedi dlm workshop kmrn, misalnya mw jd menteri ? Dirjen ?
bwt calon ibu spt saya, saya tdk berani menuliskan 2 kata diatas, meski tdk dpungkiri ada wanita yg bs, spt "ukhti ani" (sapaan pak budi set ktika dauroh pembekalan bwt bu sri mulyani) ataupun bu ani yg kmrn mewisuda angkatan saya d stan (wamenkeu sekaligus dirjen anggaran) pun ketika kakak kelas saya bcita2 mjd menkeu saya akan mdukungnya 100%

tp itu bkn pilihan saya, mgkn krn saya tdk sekuat mereka,

ustadzah yoyoh yusroh n ustadzah leli, dua sosok yg berbeda dr segi "kesibukan" dan pernah dsandingkan dhadapan kami ktika "princess power"
profesi menjadi seorang anggota DPR RI dengan kesibukan luar biasa tak menghalangi beliau untuk mencetak anak2 yang hafal alquran. Begitupun teh leli dengan menjadi ibu rumah tangga dan mengajar di beberapa tempat tak mengurangi keistimewaan seorang muslimah.
Tulis visi hidup kita sekarang juga ...
Kepala bagian pengelolaan BMN, kuliah S2 di australia, haji, hafal alquran, lulus ujian sertifikasi L5 pejabat pengadaan, jadi muslimah yang shalihah n muslihah,  dan masih banyak visi lain yang bisa anda tulis.
Intinya sih, visi itu harus dibarengi dengan tindakan. Karena kalo tidak itu hanya akan menjadi mimpi selamanya. Mimpi itu akan selamanya menjadi impian jika tak di barengi dengan tindakan, maka bermimpilan lalu gapai mimpi itu dengan berusaha keras,
Konsep inayatullah (pertolongan Allah) pun terjadi setelah manusia berusaha dengan keras sampai di titik ia tidak mampu berusaha lagi, berdoa dan bertawakal. (kajian subuh ketika membahas tafsir surat al fill) tentang burung2 ababil yang dtg ketika penyerangan abrahah ke kabah. Itulah inayatullah.
Ketika visi itu tidak dibarengi dengan tindakan, ia hanya akan menjadi mimpi, seperti jika seseorang mempunyai visi mjd penghafal alquran tp ia tidak rutih mengahfalnya, itu akan jd mimpi kosong yang tak akan pernah tergapai. Mulai sekarang yang rajin ya nduk... jangan sampe tertinggal terlalu jauh... (nasehat untuk saya).
So mari bersemangat, percaya diri, dengan berusaha keras meningkatkan kemampuan, merancang berbagai aktifitas, dan tidak malu melakukan hal hal kecill, lalu gapai mimpi kita.
2. Fokuskan Perhatian
Dalam management waktu, setelah kita menyusun banyak hal2 yang akan kita gapai dalam hidup kita, hindarkanlah melakukan hal hal yang tidak sejalan dengan tujuan itu. Misalnya mau jd penghafal Alquran kok rajinnya nonton tivi , kan gak nyambung.
Buat rencana harian kita yang harus kita patuhi, konsep “muaqobah” harus diterapkan disiini agar diri kita disiplin. Atau jika waktu kita terlalu sempit untuk menuliskan hal hal ini , tips yang pernah saya baca, cobalah sebelum tidur, fikirkan hal2 atau agenda apa aja yang akan kita lakukan besok, dulu saat di kampus ini terbukti ampuh untuk mengatur jadwal , jadi gak ada yang tabrakan dan kita bisa melakukan banyak. Kalo sekarang mungkin krn sebagian waktu udah jelas dikantor n ngerjain tugas negara, jd mungkin lebih ke aktivitas2 apa yang akan kita lakukan setelah pulang kantor,  biar gak langsung tidur kalo nempel ke bantal.
Seperti ilustrasi yang pernah dipaparkan oleh seseorang, coba deh kalo pulang kantor dan kerjaan rumah udah selesai (nyuci, nyetrika) maka membaca sambil tiduran mungkin menjadi hal yang sangat menyenangkan (krn biasanya akhirnya bablas tidur), tapi lihat saja , ketika dikantor numpuk banyak kerjaan, dan setelah itu dilanjutkan rapat di hotel sampai tengah malam akankah kita tidur jam 8 atau jam 9, tentu tidak kan ? mata kita akan bisa bertahan hingga tengah malam (kalo dulu dikampus bisa menerapkan gak berkeliaran di atas jam 10, skrg di kantor sptnya tidak memungkinkan)
Ingat “BIKIN RENCANA KEGIATAN HARIAN”. Lalu evaluasi setiap hari, dan jangan lupa beri sanksi ketika kita tidak mentaatinya.
Manfaatkan waktu secara efektif dan efisien.
3. Tentukan Prioritas
Klasifikasikan prioritas menjadi 4 hal berikut :
-          Penting dan mendesak
-          Penting dan tidak mendesak
-          Tidak penting dan mendesak
-          Tidak penting dan tidak mendesak
Setelah diklasifikasikan maka kerjakanlah mulai dari prioritas paling atas.
4. DO IT NOW
Kerjakan sekarang juga dan jangan menunda nunda...
Seperti mencuci, jika ketika semakin menunda, beban mencuci akan menjadi semakin berat. Jadi rajin2lah mencuci, lhoh ???
Ini dia musuh bagi cita-cita :
-          Melemahnya semangat dan keinginan
-          Malas
Cara mengatasi malas alias melawan rasa malas adalah “KERJAKAN SEKARANG”
-          Menunda-nunda pekerjaan
Krn dengan menunda akan memperberat beban kita nantinya
-          Pesimis
-          Tidak adanya anutan
-          Mengikuti orang lain tanpa alasan yang jelas.
5. Istiqomahlah
- ikhlaskan niat hanya karena Allah ,
Ketika kita menanam pad i akan memungkinkan untuk tumbuh eceng gondok, tapi ketika kita menanam eceng gondong, padi itu gak akan tumbuh. Seperti itu pula seharusnya kita meniatkan setiap tindakan kita, niatkan karena Allah maka hal hal lain pun akan mengikuti...
- Lakukan secara bertahap
- Amal Jama’i
- Berdoalah pada Allah
6. Muhasabah
- analisa hari kemarin
- Evaluasi terutama hal hal yang dilakukan tidak sesuai visi
- Buat rencana hari ini
Semoga bermanfaat...
Notes ini dibuat untuk menasehati diri saya pribadi semoga bisa semakin baik dalam memanage waktu dan tidak termasuk orang 2 yang merugi...


senin, 21 Februari 2011

0 komentar:

Posting Komentar