Rabu, 06 April 2011

jejak "peran ibu"

Bismillah...
Perjalanan bintaro sktor 3-5,
Juni 2010
merenungi kejadian yg br saja saya saksikan,
at 18.30 hari selasa

seorg ibu marah n membentak sang anak hanya krn dia menumpahkan jus jambu yg sdg diminumnya ke sebuah tas yg berada d kursi
dalam pjalanan saja jd mengingat kembali memori saya mgenai ibu,
seinget saya, selama 20tahun lebih saya hidup bsama ibu, belum pernah ibu membentak saya,
bhkan ktika saya melakukan kesalahanpun, bliau tak pernah membentak, bliau hanya menasehati saya dg halus, dan alhamdulillah anaknya skrg tumbuh mjd wanita baik2 =semoga=

meskipun anak yg br saja saya lihat tdk menangis, tetapi saya mlht wajah ketakutan yg luar biasa saat hendak melapor ksalahany, bhkan sikapny kpd sayapun mjd aneh sketika saya hendak meninggalkany,
dia yg biasanya selalu tsenyum n mgantarkan saya smpe k dpn rumah, kali ini tidak, bhkan senyumnyapun blm kudapat
=semoga saat besok saya ktemu lg, dia sudah dg wajah cerianya=

satu lagi kisah disebuah pelosok arinda, ibu yang SANGAT perhatian dg anaknya, tepatnya pendidikan anaknya,
stiap hari yg dibicarakan hanyalah sekolah, juara, mw nglanjut dimana, dll
bhkan saat anaknya trlihat ngantuk saat sdg belajar jam 8 malam =waktu itu dia mulai belajar jam 4sore
ibunya "tdk membentak" tp hanya berbicara dg nada menyindir dan agak keras,
dan akhirnya anak tsb menangis n tetap melanjutkan belajar hingga jam 10malam =kalo tdk salah inget=
pernah suatu hari ia harus belajar dari jam 4 smpe jam stengah 11malam

berpindah skrg melaju ke sebuah masjid di bintaro, bkenalan dg seorg ibu yg mpy anak skrg berumur 9tahun n kurg lbh anak tsebut sudah hafal 10juz, bcita2 mjd seorg dokter + hafidz
ktika saya btanya bgmn awal mulanya, bliau menyodorkan sbuah majalah tarbawi yg sdh tak bsampul, stelah saya bc baik2 isinya ttg kisah2 yg mginspirasi, kisah wanita wanita =lbh tepatnya ibu2= yg brhasil mdidik anak2ny sbg pghafal alquran,
saya tak pernah melihat bliau membentak anakny, stidaknya saat kami btemu stiap sabtu pg,

Dlanjutkan lagi ke daerah arinda tapi lebih jauh ke barat,
bkenalan dg ummahat yg skaligus seorg guru
subhanallah cara mdidik anak yg sgt bijak,
menasehati anak dg kata2 yg sgt lembut n mdidik agama anak sjak dini,

skrg bpindah ke daerah ceger, bkenalan dg seorg ibu yg skaligus seorg guru jg,
anaknya skrg sma, cewe,
masa2 yg kritis bukan bwt anak seumur itu, apalagi utk daerah jkt,
mgenai caranya mdidik anak saya tdk terlalu tau, krn hanya sepekan sekali saya btemu dgnya, meski sering jg saya lwt dpn rumah n tkadang mampir,
yg unik, apapun yg dialami olh anak sma ini selalu dceritakn kpd ibunya =yg untuk bbrp hal tdk dceritakan k ayahnya=

misalnya saat dia mempunyai cowo =alias pacaran= utk ptama x-nya, n hanya dceritakn kpd ibuny n saya,
padahal ayah n ibunya telah dg terang melarangny

meski sang ibu tak memarahinya dalam artian membentaknya, tetapi nasehat dr sang ibu setidaknya mbwt sang anak tak berani btindak tlalu jauh,

yg saya garisbawahi disini bkn berarti si ibu tdk menentang kptsn anakny utk bpacaran,
tp stidaknya sang anak mw bcerita mgenai hal ini, shg smw bs dcontrol, n dg pendekatan plus pgertian lbh intensif lg mgkn bs me"mutuskan" pacaran anaknya
huhuy,
bs dbygkan jika sang ibu tbiasa membentak, mgknkah sang anak mw bcerita, ???
Upz jd teringat bapak n ibu dirumah, saya tdk pernah bcerita mgenai tmen2 saya yg laki2 krn memang tak pernah dibolehkan bpacaran sblm lulus smk,
beruntung saya skolah di smk dtambah kepolosan saya shg memang kbykan tmen saya cewe, huhu 3tahun dikelas cm ada 1cowo,

Dapat disimpulkan,
kedekatan anak n ibu merupakan hal yg sangat penting,
komunikasi harus tjalin baik,

ibu adalah madrasah pertama bg anaknya,
siapkan bekal yang baik, agar tak salah mdidik anak,

muslimah shalihah,
smg qt bisa mjd ibu tbaik utk anak2 kita nanti,
aamiin

0 komentar:

Posting Komentar