Rabu, 06 April 2011

jejak "tentang anak anak"

Sidoharum, ahad, 20juni2010,

bismillah...


tentang anak2,
sudah hampir 2hari, hdup saya dpenuhi dg 7bocah itu
vina, ali, aji, usman, ika, lucky, fadhil

dtambah hari ini, anak teman smk saya, zahra

mganalisis tingkah mreka,
lbh mudah dr pd mganalisis tgkah laku org dewasa

sekarang bkn berbicara teori,
sudah byk buku atw artikel ttg mdidik anak

disini posisi saya bukan sbg ibu, tp murni kakak yg baik
krn 2hari ni org2 yg biasa mgasuh mreka sdg bkumpul drumah,

anak2, bmain dg mereka adalah hal yg sangat mgasyikan,
mgkn karena memang jiwa saya msh klop dg mereka =jd inget saya berlari2 dg mreka di Tmii=

anak2 , perlu dketahui emosi mereka sgt tidak stabil, sbentar bs marah, sbentar ceria, sbentar trlihat melamun, sbentar menangis
itulah asyiknya, marahan dg mreka gak perlu cukup waktu lama, spt org dewasa,
teringat fadhil, bocah berumur hampir 5th ini yg biasanya sangat atraktif, sore ini tb2 trlht melamun, bhkan dia menirukan gaya org dewasa, duduk dpinggir sawah dtepi jalan sndirian, saat kami sdg asyik berlarilarian,

Ali, tb2 juga menangis histeris minta pulg, padahal sesorean tadi asyik bmain kelereng bsama kami

ataupun vina, yg sekarang sudah tdk lg menangis ketika kudekati,

mgkn saat2 t3 qt harus memanjakan mereka, krn saat mreka tdk dlm kndisi sbnarnya =ceria= berarti mereka bth perhatian ekstra dari qt,

tp tak selayaknya qt memanjakan scr terus menerus krn itu tidak mendidik, qt harus bs tegas, tp bukan galak.

Yg kedua, msh sejenis
anak2 tkadang cepet sekali ngambek atw lbh tepatnya iri
spt aisyah yg smpe tb2 menangis krn menahan marahnya, hanya krn kalung delisa lbh bgus dan ada huruf D untk delisa,

atw spt adik2 saya dt4 lain yg sdg sangat iri krn tdk diikutsertakan utk liburan bulan dpn
"ka peni, lia ko ga diajak, masa cuma alifa, tutik, n syifa, ya udah deh, mgkn emank lia gak kepilih,"

"ka peni, reni pgen ikut, "

atw seperti diriku yg dulu sgt iri krn bpk lbh memperhatikan kakak saat mw ke negeri tetangga

saat mereka dlm kndisi spt itu, jgn biarkan lbh lama mreka merasakany, harus segera dtangani...
Intinya kalo sdkt tanda2 itu trlihat, qt harus bgerak cepat
krn jk tdk, tktny akan menimbulkan penyakit kbencian yg super dhasyat

segera tangani, beri mereka pgertian dg bhsa mreka, coba berikan alternatif lain yg tetap mguntungkany, alias mbwtny senang
bhsanya harus super djaga krn saat spt itu mreka sgt sensitive

Anak2,
imajinasi mereka sgt tinggi,
seperti zahra, bocah seumuran masa kuliah saya dstan ini sgt tinggi imajinasinya,
spt hari ini, saat zahra n ibunya main cukup lama drumah
zahra berlari k seberang jalan, naik mtr, "ibu, telpon zahra y"
kmdn mreka bdua asyik memperagakan adegan telp, dg tangan dgengamkan dtelinga msg2, krn sang ibu capek, krn memang cukup lama
ibunya blg "pulsanya habis nduk"
dan zahra memahaminya

atw ketika hari ini, kami =saya,ibunya,dan tmen saya= diberi "ice cream" bayangan olehnya,

dan byk hal serupa yg sdh ibunya ceri akan pd saya

Anak kecil juga penakut dalam satu hal n pemberani dlm hal lain

copast from kucingkumanis.multiply.com

0 komentar:

Posting Komentar